Sejarah dan Perkembangan Cotton Bag atau Tote Bag

Sejarah dan Perkembangan Cotton Bag atau Tote Bag

Sejarah dan Perkembangan Cotton Bag atau Tote Bag

Cotton bag atau tote bag sudah menjadi jenis tas yang banyak sekali dipakai sejak masa lalu. Kepraktisan merupakan salah satu alasan utama kenapa tas jenis ini banyak sekali digunakan. Tas ini memang dapat digunakan untuk banyak sekali keperluan.

Cotton bag atau tote bag pada dasarnya adalah tas klasik di Amerika. Tas ini membuat para pemakainya merasa lebih nyaman dalam membawa apa saja. Sekarang ini hampir setiap orang memakai jenis tas ini. Mari kita bahas sedikit mengenai sejarah dari tas ini.

Cotton bag atau tote bag sudah digunakan berabad-abad lamanya. Tas ini secara sederhananya ialah tas besar dan juga terbuka sederhana dengan adanya pegangan yang ditempatkan pada bagian tengah di masing-masing sisinya. Tas klasik ini menggunakan tali melengkung akan tetapi saat ini banyak variasi dapat dijumpai.
Bagian atas dari cotton bag atau tote bag sengaja dibiarkan terbuka supaya dapat memudahkan pemakainya memasukkan dan juga mengambil barang yang berada di dalam tas. Namun guna tujuan melindungi barang yang ada di dalam tas, akhirnya dibuatlah tutup seperti resleting atau kancing.

Awal Pembuatan Cotton Bag atau Tote Bag

Pada awalnya Cotton atau Tote Bag terbuat dari bahan kain yang keras. Sekarang ini beberapa bahan yang dibuat atau menjadi bahan dasar utama dari tas ini ialah kain kanvas, kain rami, kain goni dan juga kain nilon. Secara tradisional penggunaan bahan goni untuk membuat tas ini telah lama dipakai oleh negara-negara seperti Malaysia dan juga Thailand.

Di Negara Amerika sendiri, penggunaan cotton bag atau tote bag mulai marak semenjak LL Bean’s mengeluarkan Boat Bag di tahun 1944. Tas jenis ini dibuat dari kanvas yang dirancang untuk para pelaut. Bentuknya yang kuat dan juga sederhana membuat banyak sekali orang tertarik untuk memakainya, terutama adalah para wanita. Semenjak itulah tas ini mulai banyak di pasaran.

Hingga pada tahun 1950an, cotton bag atau tote bag ini semakin disukai oleh banyak orang. Tas ini mulai digunakan oleh wanita untuk tas tangan. Semenjak saat itulah tas lebih banyak dipakai dengan alasan fungsinya dibandingkan dengan faktor gaya. Selain hal itu alasan kemudahan dalam perawatannya juga menjadi alasan dalam pemilihan tas ini.

Di tahun tersebut tas ini belum dimasukkan ke dalam dunia fashion. Barulah di tahun 1960an hal itu terjadi, ketika Bonnie Cashin mengeluarkan koleksi mereka, Cashin Carry Tote Bags. Mereka membuat sebuah tas yang praktis namun juga dapat dibuat bergaya.

Sebenarnya di tahun 1940an tas ini juga telah banyak digunakan oleh para loper koran, karena hal tersebut tas ini juga dijuluki/disebut dengan ‘Newsboy Bags’. Para mahasiswa dan juga kurir mengadopsi tas ini untuk dipakai, selain karena praktis dan juga sangat sederhana, tas jenis ini juga memiliki fungsi tas yang fungsional.